Selain penggemar musik jazz, suka menjahili pemikiran orang lain, dan terkadang sok [tau], saya juga punya kegemaran yang lain :
Nonton Film
Film adalah sesuatu yang bisa menjadi inspirasi bagi saya. Sama dengan naik gunung, pergi ke pantai, membaca buku, atau bahkan main bola.
Dan sepanjang hidup saya, ada beberapa film yang pernah saya tonton dan saya nominasikan sebagai film-film yang paling berpengaruh dalam hidup. Selain berpengaruh, film-film itu sekaligus sangat berkesan dan pada beberapa kasus menjadi inspirasi saya dalam menulis.
Dan inilah dia 10 film [luar negeri] yang menjadi inspirasi dalam hidup saya [disusun secara random] :
1. Life Is Beautiful (La Vita è Bella)
Film yang disutradarai oleh Roberto Benigni ini bercerita tentang kisah satu keluarga yang mengalami penderitaan selama kekuasaan NAZI pada Perang Dunia II. Guido Orefice (Roberto Benigni) beserta istrinya, Dora (Nicoletta Braschi) dan anaknya, Giosue (Giorgio Cantarini) dimasukkan ke kamp konsentrasi oleh NAZI dan mengalami berbagai kesulitan selama berada disana.
Disitulah perjuangan itu dimulai. Bagi Guido, walaupun berada dalam kamp konsentrasi dan mengalami penderitaan fisik dan mental, hal yang selalu diingat dan dilakukannya adalah : mengganggap bahwa hidup itu indah. Dengan segala cara dia membuat agar anaknya bisa bahagia dan merasakan keindahan hidup itu sendiri.
Film ini mendapat Oscar di tahun 1998 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Best Foreign Language).
This is the sacrifice my father made for me.
(Giosue Orefice)
Trilogi Godfather adalah film yang sangat berkesan bagi saya. Mengisahkan keluarga (klan) Corleone dari sang Bapak (Don Vito Corleone) sampai ke anaknya Michael Corleone. Kisah keluarga mafia imigran Italia di New York yang membangun bisnisnya dari kecil sampai menjadi imperium bisnis yang sangat besar. Penuh dengan kisah perjuangan, kisah cinta, tipu muslihat, konspirasi, dan juga kecintaan kepada keluarga.
Disutradarai oleh Francis Ford Copolla dan dibintangi oleh antara lain Marlon Brando (Don Vito Corleone), Al Pacino (Michael Corleone), Robert Duvall (Tom Hagen), Diane keaton (Kay Adams), James Caan (Santino Corleone), John Cazale (Fredo Corleone), dan Richard Bright (Al Neri).
My father made him an offer he couldn’t refuse.
(Michael Corleone)
Film ini mengajarkan tentang arti sebuah profesionalitas dan pengungkapan kebenaran bagi diri saya. The Insider bercerita tentang Dr. Jeffrey Wigand (Russel Crowe) yang dipecat dari perusahaan rokok Brown & Williamson karena tidak menyetujui kebijakan perusahaan. Wigand memiliki informasi berharga tentang kebijakan perusahaan rokok itu yang dinilainya merugikan publik, namun dia terikat pada Confidential Agreement.
Lowell Bergman (Al Pacino), seorang produser acara 60 Minutes di CBS, menyarankan Dr. Wigand untuk mengungkapkan informasi itu dalam acara 60 Minutes di CBS. Disinilah “pertempuran” dimulai. Setalah informasi itu berhasil ditayangkan, Bergman memilih mundur dari CBS dengan alasan tidak ingin kasus serupa terjadi. Pelajaran yang sangat berharga bahwa kerahasiaan identitas informan adalah hal yang sangat dijunjung tinggi di dunia pers.
Film yang disutradarai oleh Michael Mann ini menjadi nominasi Oscar pada tahun 1999, namun dikalahkan oleh film American Beauty.
And I don’t like paranoid accusations ! I’m a journalist. Think. Use your head. How do I operate as a journalist by screwing the people who could provide me with information before they provided me with it ?
(Lowell Bergman)
Anda percaya pada keajaiban dan kebaikan hati ? Saya sarankan anda menonton film ini.
Film ini berkisah tentang kehidupan di penjara Death Row (istilah untuk penjara bagi terpidana mati). Paul Edgecomb (Tom Hanks), Brutus Howel (David Morse), Dean Stanton (Barry Pepper), Harry Terwilligger (Jeffey DeMunn), dan Percy Wetmore (Doug Hutchison) adalah sipir yang bertugas di penjara itu.
Suatu waktu mereka kedatangan seorang penghuni yang bertubuh raksasa, berwajah sangar, tetapi baik hati dan mempunyai kemampuan supranatural, John Cofey (Michael C. Duncan) yang dihukum mati karena dituduh membunuh 2 anak kecil. Kejahatan yang tidak dilakukannya. Drama dimulai ketika Cofey menjadi penghuni Death Row sampai saat dia dihukum mati di kursi listrik.
Film yang diangkat dari novel Stephen King dengan judul yang sama ini disutradarai oleh Frank Darabont dan menjadi nominasi film terbaik Oscar tahun 1999.
When I die and I stand before God awaiting judgment and he asks me why I let one of HIS miracles die, what am I gonna say, that it was my job?
(Paul Edgecomb)
Inilah film yang menurut saya menggambarkan dengan sangat jelas dan gamblang segala kekejaman, ketakutan, mimpi buruk, konflik psikologis, dan kegilaan akibat perang.
Berlatar belakang perang Vietnam, film ini berkisah tentang kekejaman dan kegilaan yang terjadi selama perang itu. Inti dari film ini adalah ketika Capt. Benjamin L. Willard (Martin Sheen) ditugaskan untuk menggantikan dan “menghabisi” Komandan Pasukan Khusus USA, Col. Walter E. Kurtz (Marlon Brando) yang dituduh telah “gila”.
Inilah film perang terbaik menurut saya yang sangat jelas menggambarkan “kehidupan di dunia perang”. Film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola ini bahkan melebihi konflik dalam perang yang ada di film perang lainnya seperti Platoon, Saving Private Ryan, atau The Thin Red Line.
I was going to the worst place in the world, and I didn’t even know it yet. Weeks away and hundreds of miles up a river that snaked through the war like a main circuit cable plugged straight into Kurtz
(Capt. Benjamin Willard)
Film inilah yang salah satunya mengilhami saya untuk memilih psikologi (dan ternyata bayangannya sungguh jauh berbeda). 🙂 Sebuah film yang bertema suspense, psychological thriller, dan serial killer.
Film ini bercerita tentang seorang trainee FBI, Clarice Starling (Jodie Foster) yang ditugaskan mewawancarai Dr. Hannibal Lecter, seorang psikiater dan juga pembunuh berantai kanibal yang sedang dipenjara. Tugas itu demi mengungkap kasus pembunuhan berantai lain yang dilakukan oleh Buffalo Bill. Lecter dipandang mengetahui keberadaan Buffalo Bill ini.
Interaksi dan percakapan antara Starling dan Lecter yang menjadi salah satu kekuatan film ini. Dari interaksi itulah timbul semacam “keterikatan batin” antara mereka berdua. Starling mengagumi Lecter di bawah sadarnya, begitu juga sebaliknya.
Film yang disutradarai oleh Jonathan Demme ini mendapat Oscar untuk film terbaik di tahun 1991. Jodie Foster dan Anthony Hopkins juga mendapat Oscar untuk Aktor/Aktris terbaik.
You still wake up sometimes, don’t you, wake up in the dark, and hear the screaming of the lambs ?
(Hannibal Lecter)
Inilah film tentang kisah luar biasa di dalam penjara. Banyak sekali kalimat-kalimat indah yang membuat kita tergugah akan kehidupan.
Film ini berlatar tahun 1940-an di penjara [fiksi] Shawshank State Prison. Bercerita tentang kehidupan Andi Dufresne (Tim Robbins) yang dipenjara karena dituduh membunuh istri dan kekasihnya. Di penjara dia bertemu dan bersahabat dengan Elys Boyd Redding (Morgan Freeman), seorang narapidana disana. 20 tahun kehidupan di penjara dan perjuangannya untuk mencapai keadilan.
Film ini sendiri banyak dipuji oleh kritikus film sebagai film terbaik di masanya, meskipun dalam soal ketenaran (box office) film ini termasuk biasa-biasa saja. Mendapat nominasi Oscar di tahun 1994 tetapi takluk oleh film Forrest Gump.
Hope ? Let me tell you something, my friend. Hope is a dangerous thing. Hope can drive a man insane. It’s got no use on the inside. You’d better get used to that idea.
(Elys Boyd “Red”)
Apakah “hope” adalah sesuatu yang sia-sia di dalam penjara ? 😉
Film luar biasa tentang prasangka dan diskriminasi pasien HIV/AIDS dan perjuangan menggapai keadilan bagi penderita HIV/AIDS. Sebuah film yang menyadarkan kita akan bahaya HIV/AIDS dan segala macam stigma yang melekat pada diri penderitanya.
Film ini berkisah tentang Andrew Beckett (Tom Hanks) yang dipecat dari firma hukum karena pandangan diskriminasi oleh atasannya. Andrew adalah seorang gay dan juga penderita HIV/AIDS. Dia berjuang untuk mendapatkan keadilan bagi penderita HIV/AIDS yang pada saat itu mendapatkan stigma negatif dari masyarakat. Dibantu oleh pengacara Joe Miller (Denzel Washington), keduanya menggapai keadilan bagi hak-hak penderita HIV/AIDS.
Film yang disutradarai oleh Jonathan Demme ini mendapat Oscar di tahun 1993.
Judge Garrett : In this courtroom, Mr.Miller, justice is blind to matters of race, creed, color, religion, and sexual orientation.
Joe Miller : With all due respect, your honor, we don’t live in this courtroom, do we?
Inilah film yang menggambarkan bentrok antar etnis di Rwanda (antara etnis Hutu dan Tutsi). Sebenarnya saya lebih menominasikan film Schindler’s List dan Crash tapi akhirnya lebih memilih Hotel Rwanda sebagai gambaran yang lebih nyata. Juga karena film ini tidak terlalu terkenal.
Ceritanya adalah kisah perjuangan Paul Rusesabagina (Don Cheadle), manajer hotel des Mille Collines di Kigali, yang menyelamatkan 1000-an nyawa dalam konflik genocide di Rwanda. Dia menggunakan pengaruhnya sebagai manajer hotel terbesar di Rwanda, etnis Hutu-nya, dan pertemanannya dengan beberapa tokoh etnis Hutu dalam menolong orang-orang [termasuk istrinya yang berasal dari suku Tutsi] Tutsi yang menjadi korban genocide.
Film yang disutradarai oleh Terry George ini tidak mendapatkan Oscar.
Politics is power, Paul. Hutu power.
(George Rutaganda)
Sebuah film yang bercerita tentang perjuangan luar biasa seorang penerima Nobel Ekonomi, John Forbes Nash (Russel Crowe) yang menderita gangguan Schizoprenia paranoid. Dukungan keluarga [terutama istrinya], sahabat-sahabatnya, sejawatnya di kampus, membuat John Nash bisa “berdamai” dengan halusinasi dan delusi yang menjadi simptom utama schizoprenia.
Film ini luar biasa dari segi penceritaannya. Juga menampilkan kejeniusan Nash yang diatas rata-rata, halusinasi dan delusi yang terus menghantuinya, pengobatan schizoprenia yang saat itu masih menggunakan insulin shock-therapy, dukungan istri dan rekan-rekannya dalam karirnya di Princeton University, dan masih banyak lagi. Temanya memang sangat psikologis.
Film yang disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi antara lain oleh Jennifer Connely (Alicia Nash), Paul Bettany (Charles Herman), Ed Harris (William Parcher), dan Adam Goldberg (Sol) ini mendapat Oscar di tahun 2001.
Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart.
(John F. Nash)
*****************
Sebenarnya masih banyak film-film yang menjadi inspirasi bagi saya. Saya ambil contoh Forrest Gump dan Trilogy The Lord of the Ring, tetapi kedua film itu diangkat dari novel yang sudah saya baca sebelumnya. Sehingga bagi saya, novel itulah yang menjadi inspirasi sementara film hanya memvisualisasi saja.
Bagaimana dengan anda, apakah ada film yang berkesan bagi anda ?
Pertamaxxx, komen-nya belakangan
—————–
hohohoho…..selamat pake pertamaxxx… 🙂
a beautiful mind
——————-
kenapa dengan beautiful mind ? pasti karena Russel Crowe ya… ? 😉
Mmmm kalau saya tidak hobi nonton film sich…
Tetapi ada satu film (maupun versi sinetronnya hehehehe) yang menurut saya bagus (untuk diri saya sendiri), yaitu “Kiamat Sudah Dekat” ….. cinta produk dalam negeri gitu lho kekekeke
Dimana dari film tsb saya bisa melihat adanya suatu bentuk perjuangan, walau sekilas kesannya sang lakon mau belajar hanya karena ada pamrihnya sich… Tetapi bagaimanapun juga perjuangan tetaplah membutuhkan motivasi. Dan motivasi awal bisa berbentuk apapun…pamrih, keterpaksaan. Yang penting adalah adanya proses perubahan pencapaian diri dan juga motivasi (seandainya motivasi awal kurang bagus).
Klimaks pelajaran dari film tsb adalah tentang ilmu IKHLAS…
BTW tentang Corleone and de family, saya menikmatinya bukan dari film tetapi dari bukunya Mario Puzo.
—————————-
saya malah nggak terlalu suka dengan film dalam negeri, karena biasanya temanya stereotip banget dan nggak dikembangkan lebih jauh. tapi ada juga yg bagus spt Gie atau Pasir Berbisik…
*dan saya juga nggak pernah nonton sinetron*
Yang belum nonton, The Shawshank Redemption sama Hotel Rwanda. Yang lainnya, kok kayaknya selera kita nyaris sama Fer. Aku nonton The Silence of The Lambs sampai lebih dari tiga kali. Juga untuk The Insider. Tapi sekarang saya jarang banget nonton, baik di bioskop, DVD, apalagi di televisi. Jadi nggak tahu apakah jaman mutakhirin ini masih ada lagi film-film bagus kayak gitu
——————
hehehehe…..kayaknya sekarang ini lagi jarang film-film bagus. saya lihat sinopsis film di beberapa majalah film, kayaknya biasa-biasa saja, dan kebanyakan film Indonesia yg bercerita ttg hantu dan sejenisnya…
Forrest Gump ga masup yak?
—————
Forres Gump itu saya baca bukunya terlebih dahulu baru nonton filmnya…. jadi bagusan filmnya dong… 😉
…
filmanja kalo ndak perang ja pendjara…
kalo ndak ja roeang sidang….
yap, green mile toeh bagoes…tjoba degh the I inside ataoe illusionist
beautiful mind ajah
————-
sama dengan dina diatas… 🙂
tapi cerita ttg anaknya John Nash yang juga menderita schizoprenia nggak diceritain di film itu…
Nice blog………….
Mohon maaf bila informasi ini mengganggu dan tidak berhubungan dengan tema sobat…..
Saya hanya ingin berbagi sedidikit tentang …..Cara tepat menyulap BLOG WORDPRESS menjadi sumber dollar.
Sobat bisa jadikan wordpress menjadi blog bisnis. Setiap klik di blok sobat akan mendapatkan sekitar Rp.1,- sampai Rp.2,-. selama ini wordpress melarang penggunaan javascript sehingga untu memasukkan iklan insentif tidak bisa. Untuk itu sobat bisa memilih alternatif lain untuk dapat tetap memberikan dollar gratis.
informasi dan petunjuk silahkan klik di :
gallery-c5lxeuuycpfssic.usercash.com
wah bagus2 !!!!
kewl, kebetulan lg semangad ngerental film ni, uda lama buanget ga nonton.
green mile, uda nonton, emang kuereeeen bgt. aku simpati bgt dg tokoh napi yg mpy karunia pengobatan, sapa tuh, yg diperankan org hitam yg tinggi besar. ugh smp nangis deh.
kl silence, gmn dg sekuel2nya ??? tp begitu uda baca novelnya -hannibal- wow, tyt lbh keren novelnya, gila !!!
shawsank, nah ini nih, uda lama bgt pengen pinjem,tp kok rada susah nyarinya di jogja.
yg lain2, saya jd inget, mo ke rental ntar malem aaaaah!!!
————–
Uh, Green Mile itu satu-satunya film yang bisa bikin mataku berkaca-kaca… 😉 Silence of the lambs kekuatannya di percakapan antara Starling dan Lecter. Penuh dengan “intimidasi” dan simbol….dan ada satu istilah yang terkenal : quid pro quo, doctor…
Green Mile keren!!
————–
tul, green mile itu keren…. sama dengan insider. seharusnya mereka dapat Oscar tapi sayang waktu itu mereka bersaing dengan Forrest Gump…
nah tuh pas kan abis 1 sekarang 11 😈
bagaimana dengan “300” dan “Apocalypto” bro, itu juga film yang asyik lho. tapi khusus buat film no.2,3, dan 6 aku juga demen banget ama film-film tersebut
—————-
hohohoho….suka film kolosal ya ? Brave Heart dan Troya malah lebih bagus menurutku… 🙂 Tapi kan ini subyektif banget karena ukurannya juga diriku sendiri….
pilem 1, 2, 4, 8, 9, 10 topppp bangettt
—————-
selera kita sama dong kangmas almas 🙂
wew? felem-felem yang berad-berad sangadh….
ah ya, “The Green Mile”, saia malah lebih prefer nonton 8 mile
——————-
berat ? 😉 *padahal berat badan saya normal-normal sajah…*
Green Mile….. voting kesekian untuk film ini…
biasanya saya nonton nunggu review teman
Ehm…setelah baca ini… layak tonton, bikin penasaran!
—————-
silakan-silakan…… nonton film katanya mengasah intuisi
*masih katanya lho…* 😉
Waduh mantap mantap semua nih pilemnya. Menginspirasi.
—————————
mas dana suka nonton film juga ?
*kalau saya maniak…* 😉
seharusnya masuk tuh film pursuit of happiness, bintangnya will smith plus anaknya sendiri, ceritanya diambil dr kisah nyata bernama cris grdner….yah…liat ajalah…minimal akan bs menatap masa dpn dg melakukan hal yg baik…
————————
betul, pursuit of happines memang bagus…. tapi soal inspirasi bagi setiap orang kan sangat subyektif. dan ini juga bukan film terbaik sepanjang masa, tetapi film-film yang menjadi inspirasi bagi saya pribadi….
film yg berkesan smp membekas…..banyak !!! smp ga inget.
texas chainsaw massacre tuh juga sgt membekas ^^
trus ju on, trus alien, trus predator, trus…trus…yg monser2 and bleeding2 gt deh, hahaha, rada xrim yah 😉 😕
kl yg sampe bikin nangis2, gw kok suka bgt kartun2 fabel dr walt disney, misal brother bear. wuah itu film…..
kl yg serius2, suka bgt jenis2 thriller, spt identity, hannibal, trus..trus apa lagi ya…..
yg jelas, di leptop masih ada bbrp PR : film2 yg gw rental, gw copy, dan belum smpt nonton…..
ahhhh gw suka film2 yg bagus, menghibur, dan kasih pencerahan^^
——————————
saya nggak terlalu menikmati film sci-fi dan film superhero…. mungkin karena latar belakang saya kali ya…? jadi film seperti Matrix, Alien, dkk nggak terlalu suka. saya lebih suka film yang punya tema dan penceritaan yang kuat. bahkan film action dan perang jika mampu menyajikan cerita dan konflik yang kuat pasti saya tonton…
eh omong2 ttg insider, aku nontonnya di tipi ato CD ya,kok lupa.tp itu film katanya dr true story kan ???
remind me, tp kl ga salah inget, salah satu tv swasta dulu menyanagkan juga 60 minutes dan jd salah satu tontonan favorit saya. itu jaman kapan ya…smu ato smp ya….
ada yg tahu ???
nah salah satu episodenya mengangkat ttg tayangan bahaya tembakau dan tipu2 perusahaan rokok kelas dunia. tayangan waktu itu sgt membekas, tp heran bgt,knp media2 cetak indonesia gak heboh yaaaa…..adem2 aja.
seperti angin lalu….
seperti berita gosip…..
hmmm….omong2 film bagus lgi, tiba2 jd inget sineton Twin Peaks. inget bgt itu film jaman kelas 6 SD-1 SMP. gila, kereeeen dan misterinya itu tiaa duanya, mencekam sXgus bikin penasarannnn !!!! awal gw jatuh cinta ma thriller.
sayang bgt, knp tvri ga muter smp tuntas 😦
masih sgt kecewa smp skrg dan sgt berminat cr CDnya. pernah baca dimana ada versi layar lebarnya, tp suuuuusah bgt cr di rental.
kl ada sesama penggemar twin peaks an kebetulan punya cd, kontak aku duooonggg !!!!!
————————-
Twin Peaks ? Itu film tahun jebot kayaknya sudah nggak ada lagi yang simpan…. kecuali mau berburu di Jakarta (Glodok…)
Film yg paling berkesan buat saya adalah The Ant Bully.. Sebuah film animasi besutan sutradara John A Davis.
Meski dibuat untuk konsumsi anak2, The Ant Bully bermuatan hal yg relevan dengan kondisi dunia. Ada pesan tentang penyalahgunaan kekuasaan saat Lucas selalu di tindas temannya, Steve, yg bertubuh besar.
Frustrasi karena penindasan ini, Lucas melakukan hal yg sama terhadap koloni semut..
————————
hehehehe…. film animasi ya…. nggak terlalu suka sih, tetapi ada beberapa juga yg bagus yang pernah ditonton seperti Mulan dan LionKing…
wah, gak ada satupun film yang pernah kutonton..
*kabur
——————
hahahaha… masa sih ? 😉
Nomer 1 dan 7 aku belum pernah nonton. BTW, aku kadang-kadang heran sama orang filem di Amrik. Sebuah tema sederhana bisa mereka olah menjadi sebuah film yang sangat apik. Berbeda dengan perfilman nasional kita yang kadang mengangkat tema yang ngoyoworo tetapi menghasilkan film yang seadanya.
Apakah keleluasaan mereka untuk berfantasi dan berekspresi tanpa bataslah yang membuat mereka bisa lebih superior daripada kita? Bahkan dalam mengolah sebuah cerita pun?
——————————–
kalau masalah kreatifitas, saya nggak tau ya Kang. setahu saya kalau mereka bikin film, research terhadap film itu memang cukup intens. mereka rela berbuat apa saja asalkan bisa mengetahui karakter/cerita dlm film yang bisa menunjang film itu sendiri.
pertama, karena kritikus-kritikus film disana sangat “kejam” kalau sudah mengkritik sebuah film. bahkan ada nominasi untuk film-film terburuk setiap tahun…
kedua, masyarakatnya juga punya apresiasi yang tinggi terhadap suatu film. walaupun terkadang box office bisa berbanding terbalik dengan kualitas film. The Shawshank Redemption bisa jadi contoh, dipuji setinggi langit oleh kritikus film tapi nggak sukses dalam hal box office.
ketiga, dana dan teknologinya memang lebih “maju”dari kita-kita ini……
keempat, film sudah jadi industri yang maju disana. sementara disini masih menunggu “uluran tangan” pemerintah….
dan masih banyak lagi…. 🙂
@Kang Kombor: Superior? Masak sih, Kang? Huehehe, bisa aja nih Kang Kombor.
Nambahin Om Fertob
(10 pelem persi kegemaran anak-anak kampung Cilincing);
– This is England
– The Pianist
– Malcolm X
– Dead Poets Society
– Eternal Sunshine of the Spotless Mind
– Amelie
– Freedom Writers
– One Flew Over the Cuckoo’s Nest
– American History X
– The Matrix
Thank You For Smoking..
huhuhu..
keren..
10 film selain yang udah disebutin bang fertob (keren-keren emang 😀 ) yang bisa jadi inspirasi
1. The Net (jangan bergantung internet)
2. The Forgotten (pentingnya keyakinan)
3. Dances with wolves (auu sedihnya)
4. Remember The Titans (motivasi menghadapi perbedaan)
5. Coach Carter (idem)
6. Children of Heaven (humanity gitu loh 😛 )
7. episode-episode Rocky (kereeen)
8. Nagabonar 1 dan 2 (nasionalisme untuk pemula 😛 )
9. Mengejar Matahari (persahabatan)
10. 13 Days (aduh… politik.. ruwet… tapi kevin costner)
khusus film yang ini saya gak minat nonton tuh. kayaknya beda sama bukunya. kalo gak salah di film gak diceritain juga kan soal gendak (soalnya di bukunya ditulis mistress) *halah* John Nash.
Film yang menginspirasi saya mungkin malah Baby’s day out
kayanya film2nya hampir smua yg menguras hati n otak yaa 😆
saya sendiri suka braveheart,,last samurai n Tae Guk Gi ^_^
iya bang, saya suka juga nonton, tapi lebih suka baca. 😀
The Godfather Trilogy
Mantap abis, no comment deh! 😉
Silence of The Lambnya Jodie Foster keren abis deh! aku kagum banget dengan film ini soalnya jalan ceritanya emang tiada duanya.
Indonesia niru di film Belahan Jiwa, bener nggak?
Filmnya Forest Gum nggak jadi fav mu ya?
Kan itu film bener2 membangkitkan inspirasi kita lho.
Trus film Persuit of Happiness juga nggak jadi fav?
Bagaimana kalau film Indonesia apa nggak ada yg memberimu inspirasi? 🙂
gw yg belum nonton, the insider, shawshank redemption dan apocalypse now.
belajar nonton ach .. 😀
Saya dah nonton yang no 1, 4 ma 10, yang paling keren tentu saja yang
no 1… Film ini kalo ngak salah inget ada yang jaman zebotnya sekitar tahun 70an…. trus dibikin lagi….
sumpah keren abiez…. Keukuatan Pikiran dan pengorbanan sang ayah bt menyelamatkan anaknya dari kamp nazi dengan iming-iming mobil Tank…
No 10. Yang keren bukan filemnya tapi russel crow… dia ngebawain peran sebagai John Nash tepat banget… Saia jadi tau kalo orang-orang yang ngederita skipzoprenia (bener ngak sich tulisannya gini).. sebegitu berat penderitaan mereka.
No 4. Kisah tentang pengorbanan dari sang napi (siapa namanya saia lupa) dan dilema bagi Tom Hanks yang mau nge’eksekusi si napi… bener banget bang saia hampir berderai-derai air mata ngelihat nie film… hiks3x…
5 film yang meninspirasi saya:
1. cinderella man (Juara tinju kelas berat juga butuh bahu cewe buat nangis)
2. Denias senandung diatas awan… ( pengorbanan + usaha = kesuksesan)
3. Green streat Holigan (kadang persahabatan terbaik hanya dapat kita temukan di jalanan)
4. Daun Diatas Bantal (gw harus banyak2 bersyukur dan jangan mengeluh)
5. My sassy girl (ternyata cinta itu memang hanya diciptakan untuk anda yang meyakininya)…
saya setuju dengan mriyandi bahwa film denias senandung di atas awan dan green street holigan merupakan film yang sangat memberi inspirasi juga. 😀
saya juga ikut @ arifkurniawan
the pianist
bagaimana musik bisa menyelelamatkan seseorang dari kejamnya hukum perang
the metrix I
prosese melihat benda menjadi matrix itu keren buanget,
dan sebenenya banyak dialog religi rumi terselip disitu
shrek ga masuk ya
ternyata life is beautiful ada film nya ya… (katro banget ya gw) hehehe…, kalo boleh tau ada dimana ya??
salam kenal dari kitong..
dari semua film diatas.. saya blom pernah nonton semua. .
wwkkwkwkww
*ada apa dengan cinta ngga disebutin seh 😀
Buset. Yang kutonton baru satu. A beautiful mind.
Eh, kalau “Carpe Diem…” , “Dead Poet Society” gimana?
saya suka harry potter. menginspirasi saya untuk jadi penyihir… 😆 😆
film Pay It Forward juga bagus lho.. 😀
kok blom ada yang pernah saya tonton siiih…?
film-film yang ada bisa jadi inspirasi…..gak ada ruginya
terminator and jurassic park!!
semua film yg anda sebutkan itu udah saya tonton semua…sampe saat ini mkn dah ada 85 keping dvd koleksi saya…tp sayang pengantarnya pake bahasa jepang, jadi kurang paham! trim atas infonya….
saya plg suka ma film2 fiksi ilmiah…cnthnya spti:
the deep rising …si naga laut dan cat and dog ada lagi…>
the core,the pearl harbour,artificial intelligence dsb!
coba deh untuk nonton film nya Quentin Tarantino yang dulu seperti Reservoir Dogs dan Pulp Fiction..kayaknya lo akan suka deh
Kok ga ada pilem endonesa ya?
A Beautiful Mind, keren abis, jadi pengen gila, hehe …
Gak ada yang suka filem konyol ya? American Pie, Simpsons The Movie, klasik….
Wah banyak bgt! Saya jg penggila ntn film. Liat aja 100 best movie di imdb.com. Mo versi family, cartoon, dll lengkap
little miss sunshine: simple sweet, smart. Udah ntn?
wah…makasih nih mbak dg imdb….
ledi suka cari inspirasi n smgt lwt film…selama ni susah cari web referensi
Yg bagus tuch children of hEavens….cerita bener2 kayak nyata…
belom nonton semua sih baru yang no 2 4 6 10 tapi emank sih keren2 bgt semua.
gw kira tadi Forestgump juga masuk ternyata g ya
Saya bisa dibantu carikan film inspirasi Coach Carter ga??? dan film2 yg lainya.Kl ada,saya mau membelinya…
Saya tunggu kbrnya.Thx
wah senangnya punya teman yang pnya kesamaan pemikiran dengan saya, saya juga punya banyak mas film yang saya sukai, tapi kalau harus memilih 10 terbaik, susah banget, secara sudah ada kurang lebih 200an judul film yang telah saya koleksi, mungkin sudah 400an judul film yang sudah saya tonton dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, agak telat suka nonton awalnya Mas, baru suka nonton itu pas awal-awal kuliah, jadi ketagihan deh sekarang. ga bisa lepas lagi dari jeratan ini, hehe tapi sebanding deh.
aku rasa film terbaik yang aku tontoon adalah :facing the giant
film yang sangat2000x menginspirasi. semua judul diatas belom pernah aku tonton. tapi sekarang aku catat trus aku cari di rental, semoga masih ada.
setelah baca situs ini aku langsung cari kasetnya di rental tapi agak kesusahan, karena kebanyakan film lama. postingan ini ja tahun 2007 sedangkan aku baru baca 2009. terlambat banget kan. tapi luar biasa buat orang yang nulis situs ini. selera anda keren banget, aku udah nonton shawshank ama beautiful mind. keren abis filmnya
mas, saya awalnya sudah negatif sama film indo karena sinetron2nya yang amburadul gila2an jeleknya. Sampai2 saya dan teman2 bikin stiker dibagikan gratis bertuliskan: komunitas anti sinetron indonesia…
sampai suatu ketika dikasih tau temen spy liat kiamat sudah dekat, saya ketawa ngakak karena judulnya. tp karena temen suka nulis sinopsis film asing dan suka diminta isi diskusi film dan memmang kritikus film, dg berat hati nonton juga…E setelah lihat…ya Allaaah, terpana saya..
sejak itu mulai lirik2 dan percaya film indo. Maka mangalirlah lasykar pelangi, KCB (ayat2 cinta TIDAK BAGUS krn terlalu murahan, jauuuh dari novelnya)..oiya ada satu lagi sinetron di tivi judulnya murahan : balada musik dangdut, tp krn yg nulis Teguh Karya pa syumanjaya yg top markatop, jadilah nonton ..jebul apik.
Sementara baru itu film indo yg menuurutku bagus.
Para pencari Tuhan konon juga bagus. Nagabonar jadi dua, yaah…lumayan.
sangat menarik. yang sudah saya tonton adalah hotel rwanda dan the silence of the lambs. kedua film tersebut sangat menarik dan memberi inspirasi terhadap kehidupan saya. dan sepertinya saya harus menonton ke 8 film lainnya, karena melihat sinposis nya sangat wajib untuk di tonton. terima kasih. nice blog 😀
Trims. Akhirnya saya tahu judul film yang sinopsisnya pernah saya baca di sebuah buku psikologi bertahun2 lalu (pengen ntn tapi selama ini gak tau judul…) : Life is Beauifull
At First Sight ( Val Kilmer and Mira Sorvino )
Sebuah film yang menceritakan tentang seseorang tunanetra….yang justru menjadi “buta” setelah ia dioperasi matanya,
karena selama ini ia tidak terbiasa “melihat” dg matanya…melainkan dengan tangannya, dengan penciumannya, dengan pendengarannya….
recommended ! 🙂
3 idiots….mengupas pentingnya persahabatan, cita-cita n pendidikan…..n masih bnyak lagi hal-hal inspiratif lainnya….bisa buat ketawa, nangis atau ketawa sambil nangis…pokoknya film ini T.O.P B.G.T.S……dech…….
aku suka film film yang penuh dengan inspiratif. bagiku film seperti itu lebih baik daripada film tema hero, horror dll. tapi sayang aku belum lihat semua tapi aku akan cari tu semua film ” SEMANGAT ” doakan dapat semua ya kawan2 filmnya. kalo bisa kasih tahu kalo ada yang tahu linknya.
tapi kalo yang 3 idiots sudah 4 X lihatnya n’ tetep aja meski udah lihat ke 4 X nya masih aja suka nangis terharu.
AL iZ Wel !!!! bener2 top tu film. awalnya ragu mo lihat film itu gara2 hanya dia film “bollywood” tapi temen maksa harus lihat ya kepaksa, n’ hasilnya ” al iz wel ”
buat temen2 makasih sudah kasih tau film yang penuh inspiratif. tambah lagi dong filmnya
ow…. aq pernah ntn the godfatrer, the green mile, silence of the lamb, dan a beautiful mind.
bagus semua…
tp aq jg pny saran bagus nih… coba tonton John Q, The Boy in a Stripped Pyjamas, atau The Sixth Sense
Makasih mas Fertob..
Senang akhirnya bisa dapat referensi tuk film yg bagus tuk ditonton….
1.The tree next days..
kisah ttg cinta sjati yg mengalahkan sgalanya tmasuk siap menjadi hidup mjdi buronan demi cinta.
2.MAN OF HONOR
kisah ttg kegigihan seorang marinir yg cacat ispirasi yg luar biasa !!
3.BORN OF THE 4TH OF JULY
bercerita ttg sisi korban perang dan yg menjadi korban adalah prajurit yg loyal pd negaranya
4.RABIT HOLE
kisah perjuangan 3anak aborigin yg dipisahkan dr keluarganya dan sukunya lalu melarikan diri menepuh ribuan kilo padang gurun menemui kluarganya
5.I AM SAM
Bercerita ttg ayah yg down syndrom alias idiot yg memperjuangkan hak pengasuhan anaknya
6.GI JANE
Kegigihan wanita utk mjadi prajuri wanita pertama di navi seal…HUYA..
7.JHON Q
Seorang ayah miskin yg memiliki anak sakit jantung..lalu menyandra dokter utk mengoprasi sang anak
8.FLIGHT PLAN
keyakinan tentang suatu hal harus terus dipegang hingga akhir
9.CAST AWAY
harapan untuk pulang ke peradapan ktika tdampar di pulau tengah laut…berharap.berjuang..lalu pulang
10.RAY
ttg seorang buta yg menjadi pianist besar..
SBAGIAN FILM DIATAS ADALAH TRUE STORY !!
sory treadnya asal jd coz sambil pilek hehehe
Numpang nimbrung Kang, satu filem yang membangkitkan inspirasi saya: the last samurai-nya tom cruise
aku belum pernah nonton film2 di atas kecuali hotel rwanda..
brave heart, hachiko, august rush sama armagedon juga bagus..
no comment !
Udah pernah nnton 12angry men (1957) belom gan? yang maen Henry fonda,ini film belom “terkotori” dengan special efect dan 3D jaman sekarang yang menurut ane malah mengurangi porsi pesan atau cerita yang ingin disampaikan,11 jempol buat ni film,WAJIB ditonton 😀
Life is Beautiful, the green mile, hotel rwanda…
top abiz…
(soalnya udah nonton sih…)
owh iya….ikut nambahin…
the four feathers….
kisah persahabatan dan cinta…
dia rela berkorban menjadi budak demi memulihkan nama baik dimata keluarga, sahabat dan kekasih…
ada yg pernah tau ga,film tentang seorang ank gangguan psikis,yang menuduh ibu tirinya membunuh ibu kandung dan kakaknya,pdhl ibu dan kakaknya meninggal krn ulahnya dia sendiri yg membakar gubuk tmpt ibu dan kakaknya berada pasa saat itu..
filmnya bagus,tapi lupa apa judulnya….
ini sepertinya The Uninvited
klo saya pernah nonton pursuit of happiness dan billionaire (thailand).
film2 inspiratif emank bisa mendongkrak semangat kerja kita, jadi wajib ditonton. semoga kita sukses selalu
1. Law Abiding Citizen (2009)
Film tentang korban kriminal yang merasa dicurangi oleh sistem peradilan
yang kotor (yaahh kayak realita zaman sekarang lah)
dia kemudian main hakim sendiri sama penjahat yg membunuh istri&anak nya (standar)
Tapi cerita utama nya, dia berusaha melawan dan merubah sistem
peradilan yang kotor, terutama merubah sikap orang-orang di dalam
institusi yang berhubungan dengan kasusnya dulu.
Dia di penjara, tapi berkat ketekunannya belajar hukum dan konstitusi, pengacara dan jaksa pun mati kutu, dan dia bisa membuat jaksa dan institusi peradilan menuruti semua kemauannya dalam penjara seperti meminta kasur yang bagus dan makanan mewah untuk makan siang untuk dirinya sendiri
Bahkan dlm puncak konfliknya, walikota menyatakan kota dalam keadaaan darurat, dan sampai tidak ada seorangpun yang bersedia menjadi jaksa wilayah kota tersebut karena seseorang yang bahkan ada dalam penjara !!
bagaimana cara nya? tonton filmnya heheheh : P
Walau (menurutku) ending nya antiklimaks
tapi overall film ini layak tonton
Tapi saya lihat itu tidak adil.. masalahnya ada pada pengacara negro itu.. sebenarnya dia inti dari permasalahannya.. kenapa endingnya dia masih hidup tanpa ada penyesalan sama sekali.. bad ending
Bro2 Smua coba nonton film “di bawah lindungan ka’bah” produk dalam negeri….. kata2 mutiara nya bagus, juga bisa tetap mengingat cinta kita dengan ALLAH S.W.T dan orang yang kita cintai….. di jamin pasti gak nyesal… 😀
hmm…5 dari 10 film di atas itu aku punya di laptopku. Film yg pgn bgt aku tonton adalah philadelphia. Sprtinya kita punya selera yang hampir mirip untuk film.
Film lain yg menurutku bgs John Q, letters to God, a time to kill, the brave one, painted veil, pursuit of happiness…en msh byk lagi
Flight Plan,Jodie Foster as usual,bagus banget
nice posts
numpang promo gan http://seputarfhotografy.wordpress.com
jangan lupa di kunjungi y…..
Reputable dealers who carry the product are the safest to buy from, so you know what you’re getting. The new Macadamia Natural Oil Nourishing Leave-In Cream also resembles the sebum which is one of the many features of this product. One of the best ways to combat a fungal problem is to not feed the fungus (it LOVES sugar – so sugar and simple carbohydrates like bread and pasta – are a big no no) and to use a natural anti-fungal substance (I’m not
talking about man- made medications – antifungal meds are chemicals that are often extremely harsh on the liver).
[…] https://fertobhades.wordpress.com/2007/10/29/10-film-yang-jadi-inspirasi/ […]
waduh sepertinya aku masih katak dalam tempurung ini , film yang masih aku pahami cuma lagi wall street many never sleep, the godfather, v-for vendetta, pirates of the carebbian, the great gatsby, dan big fish
Film The Green Mile saya sedot dulu yah jurgan… terimakasijh
Maaf ya bro…jngan ngambek….:-)
2 film di atas sangat Psikiatri…..
Dan psikologi dengan psikiatri sangatttt jauh berbeda….
mngkin itu sebabnya ktika mas bro ambil psikolog,,,, sangat jauh berbeda dngan filmnya….
Walau sangat berbeda,,tapi psikiater dan psikolog slalu bekerja sama….
-calon psikiater-
philadelpia emang bagus dan sangat menginspirasi gan soalnya tentang Aids!! dan bahayanya
Film film diatas belum pernah saya tonton dan terlihat menarik sekali. Ini bisa jadi referensi film buat saya. Terimakasih buat tulisannya, menarik sekali. 🙂
ooooo begituu yaahhhh
[…] File Name : 10 film yang jadi inspirasi | f e r t o b Source : fertobhades.wordpress.com Download : 10 film yang jadi inspirasi | f e r t o b […]
Filmnya emang bagus-bagus
beautiful mind paling seru
gan ane izin copas ya
ane buat sumber nya dari sini 🙂
waduh..baru tahu filmnya, tapi keren-keren banget sih..
bagus bagus deh pokoknya
ada lagi, seri film Kung Fu Panda, mengajarkan arti kehidupan. apa yang harus dipertahankan, dilindungi, dan terus berjuang walaupun kedengaran mustahil, tapi tidak ada yang mustahil melalui kerja keras.
..Keren… kalo boleh nambahin satu film Forrest Gump
Ikut nyumbang list film gan..
1. My all american ( inspiratif, based on true story freddi steinmark )
2. Woodlawn ( Dijamin bakalan kagum, based on true story )
3. Catch me if you can ( Woow bgt, based on true story )
4. The blind side ( wajib nonton !! based on true story michael oher )
5. The imitation game ( cerdas, awal mula computer, based on true story )
6. 127 hours ( survive bgt, based on true story )
7. 42 the jackie robinson story ( Based on true story jackie robinson )
8. 12 years a slave ( rasisnya amerika jaman dlu, based on true story )
9. Room ( bakalan geleng2 kepala nontonnya, based on best seller novel )
10. Facing the giants ( percaya pada tuhan )
Hampir 85% dapet oscar, academy award, golden globe, jd wajib d tonton, based on true story juga hehe